Ma’News – Yogyakarta – 15/05/2025 – Upaya peningkatan kompetensi guru SD di DIY terus berlanjut. Memasuki hari ketiga, pelatihan PTK yang digelar di Ruang Kawung Picis, Lt. 4 Gedung Dinas Dikpora Kota Yogyakarta, semakin mendalami strategi peningkatan kemampuan scaffolding baca tulis bagi guru SD kelas rendah. Bergeser dari materi hari sebelumnya, kali ini para peserta difokuskan pada pengenalan konsep Literasi Transisional Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar yang diadaptasi dari Seaberg. Pengenalan konsep ini menjadi krusial, mengingat pentingnya pemahaman mendalam mengenai tahap perkembangan literasi anak pada usia tersebut.
Tidak hanya berhenti pada teori, pada hari ketiga pelatihan PTK ini, para guru juga langsung terlibat dalam sesi praktik. Dalam sesi ini, mereka secara aktif mempraktikkan bagaimana melakukan deteksi literasi transisional pada siswa. Masing-masing peserta dari tiap kelompok secara bergantian mengambil peran sebagai guru dan siswa, menciptakan simulasi bagaimana ketika nanti mereka mendeteksi literasi transisional di lapangan.
Berita selengkapnya bisa dilihat pada Ma’News Edisi Mei 2025, nomor X di bawah…